Welcome

Assalamu'alaikum, Selamat Datang Di Blog Ilmu Farmasi, Semoga Artikelnya Bermanfaat, Terimakasih Atas Kunjungannya

Pengaruh Vitamin C Terhadap Gula Darah Trigliserida LDL Hemoglobin dan Insulin

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam website American Journal of Clinical Nutrition berdasarkan data Diabetes Research Center, Shahid Sadoughi University of Medical Sciences & Health Services menyatakan bahwa pengaruh konsumsi vitamin C dapat menyebabkan penurunan yang cukup signifikan
pada FBS (fasting blood sugar), Trigliserida, LDL (Low density lipoprotein), HbA1c dan insulin serum. Hasil ini teramati dari kelompok yang mengkonsumsi 1000 mg vitamin C, adapun kelompok yang mengkonsumsi vitamin C 500 mg tidak menghasilkan perubahan signifikan dari parameter diatas.
Kesimpulan dari penelitian menyatakan bahwa konsumsi harian dengan dosis 1000 mg vitamin C bermanfaat dalam menurunkan glukosa darah dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2. Mekanismenya tidak dijelaskan secara langsung, namun diduga kemiripan struktural vitamin C dengan glukosa menyebabkan vitamin C dapat menggantikan gula dalam banyak reaksi kimia dan dengan demikian efektif untuk pencegahan glikosilasi nonenzimatik protein.

Sumber :







No comments: