Ass wr wb, Selamat Datang Di Blog Ilmu Farmasi, Semoga Artikelnya Bermanfaat, Terimakasih Atas Kunjungannya : Hidup Sehat Mulai Hari Ini! Konsumsi makanan bergizi, Cukup istirahat, Cukup Olahraga dan Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi junkfood, begadang, dan lain lain. positif thinking, serta hindari stres

1-15 Artikel terbaru

Rabu, 13 Maret 2013

Sterilisasi dan Metode Sterilisasi

Ilmu Farmasi : Artikel ini akan membahas mengenai sterilisasi dan metode sterilisasi atau macam macam sterilisasi, jenis jenis sterilisasi (seterilisasi panas lembab, sterilisasi panas kering, sterilisasi ultraviolet/EM, sterilisasi gas, filterisasi dan sterilisasi pengion/sinar gamma)

Steril adalah kondisi sediaan yang terbebas dari partikel asing non self, tidak terdapat/tercemar mikroorganisme serta memenuhi persyaratan yang menyatakan sediaan tersebut steril. Sterilisasi adalah

Supositoria dan Ovula

Pengertian supositoria, ovula, keuntungan/kelebihan supositoria dan ovula, serta kekurangan supositoria :
A. Supositoria
Supositoria/Suppositoria adalah sediaan padat dalam berbagai bobot dan bentuk, yang diberikan melalui rektal, vagina atau uretra, umumnya meleleh, melunak, atau melarut pada suhu tubuh (FI IV (1995).

Obat Tetes dan Sediaan Cair Topikal

Artikel ini melingkupi : obat tetes mata, obat tetes telinga, obat tetes hidung, obat kumur, obat cuci mulut, linimentum (obat gosok), lotio, enema, dan tinctur topikal.

A. Obat tetes mata
obat tetes mata adalah sediaan tetes yang digunakan untuk mengobati gangguan pada indra penglihatan. ada yang digunakan untuk menyembuhkan mata merah karena iritasi ringan, maupun mengandung

Pil dan Granula

Pil atau pilulae adalah sediaan berbentuk bulat telur, umumnya digunakan secara oral. Pil berasal dari bahasa latin ''pila' yang berarti bola. Menurut farmakope indonesia pil adalah suatu sediaan berupa masa bulat mengandung satu atau lebih bahan padat. umumnya pil bulat berbobot antara 60-300 mg. bobot pengisi dan zat tambahan diperboleh 100-150 mg, umumnya berbobot 120 mg.

Serbuk (pulvis dan pulveres)


Serbuk dibagi menjadi 2 yaitu pulvis dan pulveres. Menurut FI III serbuk adalah campuran homogen dari dua atau lebih obat yang diserbukkan.

Menurut FI IV, serbuk adalah campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan, ditujukan untuk pemakaian oral maupun topikal. secara kimia-fisika serbuk mempunyai ukuran antara 10.000- 0,1 mikrometer.

Kapsul (capsulae)

Kapsul atau capsulae adalah sediaan berupa serbuk yang dimasukkan dalam cangkang kapsul atau sediaan cair atau setengah padat yang dibungkus dengan kapsul dasar. Nama resmi dari kapsul adalah capsulae operculate.
Menurut FI III kapsul harus memenuhi syarat :
1. keseragaman bobot
timbang 20 kapsul, untuk bobot rata-rata 120 atau lebih maka tidak boleh terdapat kapsul yang kurang atau lebih 10%
2. waktu hancur

Keuntungan dan Kerugian Sediaan Tablet

A. Keuntungan bentuk sediaan tablet :
  • volume dan bentuk kecil sehingga mudah dibawa, disimpan dan diangkut
  • memiliki variabilitas sediaan yang rendah. keseragaman lebih baik
  • dapat mengandung zat aktif lebih besar dengan bentuk volume yang lebih kecil
  • tablet dalam bentuk kering sehingga kestabilan zat aktif lebih

Metode Pembuatan Tablet

Ilmu Farmasi : Metode Pembuatan Tablet : granulasi basah, granulasi kering dan kempa langsung.
Baca juga : keuntungan dan kerugian tablet 

A. Granulasi basah (wet granulation)
granulasi basah adalah cara pembuatan TABLET dengan mencampurkan zat aktif dan eksipien menjadi partikel yang lebih besar dengan menambahkan cairan pengikat dengan jumlah yang tepat sehingga diperoleh masa lembab yang dapat digranulasi. metode ini bisa dilakukan apabila zat aktif tahan lembab dan tahan panas dan sifat 

Tablet

Artikel ini melingkupi pengertian tablet, kriteria tablet, formula umum, dan jenis jenis tablet.
Baca juga : 
A. Pengertian
Menurut FI IV (1995), tablet adalah sediaan padat yang mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan tambahan. berdasarkan metode pembuatan tablet dibagi menjadi tablet cetak dan tablet kempa.
Menurut USP XXVI, tablet adalah sediaan padat yang mengandung substansi obat dengan atau tanpa bahan pengisi, diklasifikasikan menjadi tablet atau tablet kompresi.
Meburut british pharmacope, tablet adalah sediaan

Emulsi

A. Pengertian
Menurut FI IV 1995, emulsi atau emulsion adalah suatu sistem 2 fasa, yang salah satu cairannya terdispersi dalam cairan lain dalam bentuk tetesan kecil.
Menururt ansel (1981), emulsi adalah suatu dispersi dimana fasa terdispersi terdiri dari bulatan bulatan kecil yang terdistribusi keseluruh pembawa yang tidak bercampur
Menurut remington (pharmaceutical practice), emulsi adalah sistem heterogen yang terdiri dari tetesan-tetesan cairan yang terdispersi dalam cairan lain.
Menurut martin (1971), emulsi adalah sistem yg secara termodinamika

Keuntungan dan Kerugian Sediaan Suspensi


Baca juga artikel : SUSPENSI lengkap
A. Keuntungan Bentuk Sediaan Suspensi :
  • baik digunakan untuk orang yang sulit mengkonsumsi tablet, pil, kapsul. terutama untuk anak-anak
  • memiliki homogenitas yang cukup tinggi
  • lebih mudah di absorpsi daripada tablet, karna luas permukaan kontak dengan permukaan saluran

Suspensi


Baca juga : Keuntungan dan kerugian sediaan suspensi

Suspensi atau suspension menurut farmakope edisi IV adalah sediaan cair yang mengandung partikel padat tidak larut, yang terdispersi dalam fase cair. suspensi oral merupakan sediaan suspensi yang ditujukan untuk penggunaan secara oral.
Suspensi menurut farmakope III adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut, terdispersi dalam cairan pembawa.
Suspensi menurut USP XXVII, suspensi oral adalah sediaan cair yang menggunakan partikel-partikel padat terdispersi dalam suatu cairan pembawa cair atau flavouring agent yang cocok untuk pemakaian oral. suspensi topikal

Sirup dan Eliksir

Sirup
pagi yang cerah ini admin akan mencoba memposting sirup dan eliksir atau elixir. Sirup adalah sediaan pekat campuran air dan gula atau pengganti gula, dengan atau tanpa zat pewangi dan zat obat. Sirup yang mengandung bahan pemberi rasa tapi tidak mengandung zat obat disebut pembawa bukan obat atau pembawa yang wangi/harum (sirup), sedangkan sirup obat adalah sediaan larutan gula pekat yang mengandung zat obat, konsentrasi gula berkisar 64-66%, jika konsentrasi gulanya kurang maka akan mudah ditumbuhi mikroba dan bila kelebihan akan terbentuk kristal.

Komponen sirup

Keuntungan dan Kerugian Sediaan Larutan


Baca juga seputar : sediaan larutan (solutio) lengkap

A. Keuntungan bentuk sediaan larutan (solutio) dibandingkan dengan jenis sediaan lainnya antara lain :

  • lebih mudah ditelan daripada sediaan yang lain, sehingga dapat lebih mudah digunakan bayi, anak-anak, dewasa, maupun usia lanjut
  • segera diabsorpsi karena telah berbentuk sediaan cair (tidak mengalami proses disintegrasi maupun pelarutan seperti pada tablet/pil dsb

Larutan (solutio)


Baca juga : Keuntungan dan Kerugian Sediaan Larutan
Larutan atau solutio adalah sediaan cair yang mengandung satu zat aktif atau lebih yang terlarut didalamnya, biasanya menggunakan pelarut air. Perbedaan potio dan larutan (solutio) adalah potio merupakan sediaan cair untuk konsumsi obat secara oral, sedangkan larutan (solutio) merupakan sediaan cair yang bisa digunakan secara oral, topikan, parenteral dan sebagainya.
  • larutan yang mengandung air dan gula disebut sebagai sirup, 
  • larutan yang mengandung hidroalkohol (kombinasi air dan etil alkohol) disebut eliksir
  • larutan yang berbau harum disebut sipiritus jika pelarut mengandung alkohol atau aqua aromatik jika pelarutnya mengandung air

Kamis, 07 Maret 2013

CPOB (Cara Pembuatan Obat Yang Baik)


Baca juga :
CPOB 2012 yang terbaru
dan : 
Perbedaan CPOB 2006 dan CPOB 2012

CPOB (Cara Pembuatan Obat Yang Baik) 2006 atau GMP (Good Manufacturing Practices) 2006 adalah suatu pedoman pembuatan obat berdasarkan berbagai ketentuan dalam CPOB yang bertujuan untuk menjamin obat dibuat secara konsisten, memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan sesuai dengan tujuan penggunaannya.

intinya CPOB merupakan pedoman yang bertujuan memastikan agar mutu obat yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan dalam ketentuan CPOB atau GMP. CPOB mencakup seluruh aspek

Minggu, 03 Maret 2013

Konseling Obat (Drug Counseling)


Konseling obat adalah suatu proses pemberian informasi segala hal terkait obat yang bertujuan membantu pasien dalam mengatasi masalah penggunaan obat, sehingga pengobatan menjadi lebih rasional, aman, efektif dan efisien.





Tujuan konseling :
  • membantu  dalam penyelesaian masalah penggunaan obat agar pengobatan menjadi optimal
  • aplikasi interaksi profesional apoteker dengan pasien
  • meningkatkan kualitas pengobatan sehingga kualitas kehidupan pasien menjadi lebih baik

Kamis, 28 Februari 2013

Dislipidemia

PENGERTIAN

Dislipidemia adalah kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan pe­ning­katan maupun penurunan fraksi lipid dalam plasma. Dislipidemia mengacu pada kondisi di mana terjadi abnormalitas profil lipid dalam plasma.


Beberapa kelainan fraksi lipid yang utama adalah kenaikan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida (TG), serta penurunan kolesterol HDL. Berbagai perubahan profil lipid tersebut saling terkait satu dengan lain sehingga tidak dapat dibicarakan sendiri-sendiri.

Dislipidemia merupakan salah satu faktor risiko utama aterosklerosis dan penyakit jantun­g koroner. Dislipidemia adalah salah satu komponen dalam trias sindrom meta­boli­k selain diabetes dan hipertensi.

Biokimia Lipid

Lipid merupakan substansi yang bersifat hidrofobik. Artinya, dalam keadaan normal tanpa molekul pengikat, lipid tidak dapat larut dalam plasma darah. Agar lipid dapat larut dalam darah, lipid berikatan dengan apolipoprotein membentuk lipoprotein. Pemahaman tentang apolipoprotein dan lipoprotein penting karena berperan dalam patofisiologi tipe-tipe dislipidemia tertentu.


sumber: Jurnal Medika

Tuberkulosis (TBC)

Penggobatan Tuberkulosis (TBC), Terapi Tuberkulosis (TBC), Obat Tuberkulosis (TBC)



Kategori penyakit Tuberkulosis
  • kategori 1 : pasien baru TB paru BTA positif, pasien TN paru BTA negatif foto torak positif, dan pasien TB ekstra paru
  • kategori 2 : pasien kambuh, pasien gagal, dan pasien dengan pengobatan terputus

Pengobatan Tuberkulosis

Sabtu, 23 Februari 2013

Sediaan Cair (Potio)

Ilmu Farmasi : Sediaan cair atau potio adalah obat minum dengan penggunaan secara oral yang berupa sirup, larutan suspensi atau emulsi. secara umum formulasi untuk sediaan cair antara lain :
  • bahan obat/zat aktif
  • pelarut
  • pembantu pelarut (kosolven)
  • dapar

Pelarut Untuk Sediaan Oral

Alkohol, Alkohol encer, Gliserin, Propilen glikol, air suling
1. Alkohol
Air dan alkohol membentuk hidroalkohol yang dapat melarutkan senyawa yang larut dalam alkohol atau yang larut dalam air

2. Alkohol encer
Alkohol encer dibuat dg mncampurkan volume alkohol dan air murni dengan volume yang sama

3. Gliserin
gliserin adalah cairan seperti sirup, manis dan jernih, dapat bercampur dengan air dan alkohol, gliserin dapat

Jumat, 22 Februari 2013

Obat Yang Dilarang Beredar dan Dijual


AWAS, Obat Yang Dilarang Penjualan dan Peredarannya, antara lain :

a. talidomid, dan segala obat yang mengandung senyawa talidomid dilarang, karna dapat menyebabkan cacat pada bayi, umumnya talidomid digunakan sebagai obat tidur

b. meclizine dan segala obat yang mengandung senyawa ini, umumnya obat ini digunakan sebagai anti muntah

c. phenmetrazine dan segala obat yang mengandung senyawa ini, umumnya obat ini digunakan sebagai

Pengelolaan dan Pelayanan Apotek

A. Pengelolaan apotek melingkupi :
1. pengolahan, peracikan, pencampuran, pengubahan bentuk, pencampuran, penyimpanan, pengerahan dan pembuatan obat dan bahan obat
2. pengadaan , penyimpanan, pendistribusian dan pengerahan perbekalan farmasi lainnya
3. pelayan informasi kepada konsumen mengenai perbekalan farmasi meliputi :
  • pelayan informasi obat dan perbekalan farmasi lainnya kepada masyarakat

Glosarium A

Glosarium adalah suatu daftar alfabetis istilah dalam suatu ranah pengetahuan tertentu yang dilengkapi dengan definisi untuk istilah-istilah tersebut. Biasanya glosarium ada di bagian akhir suatu buku dan menyertakan istilah-istilah dalam buku tersebut yang baru diperkenalkan atau paling tidak, tak umum ditemukan. Glosarium dwibahasa adalah daftar istilah dalam satu bahasa yang didefinisikan dalam bahasa lain atau diberi sinonim (atau paling tidak sinonim terdekat) dalam bahasa lain, jadi dalam pengertian yang lebih umum, Glosarium di blog ini berisi penjelasan konsep-konsep, istilah-istilah kesehatan (farmasi) (Wikipedia)

Glosarium disadur dari ISO Farmakoterapi

Abdomen
Abdomen adalah bagian badan yang terletak antara torak dan pelvis.

Aborsi
Aborsi adalah pengeluaran hasil konsepsi secara prematur dari uterus-embrio atau fetus yang belum viabel.

Adenopati
Adenopati adalah pembesaran kelenjar, terutama kelenjar limfa.

Kamis, 21 Februari 2013

Mekanisme Obat Tuberkulosis

Mekanisme Isoniazid, Rifampisin, Pirazinamid, Etambutol, Streptomisin, etionamida, dan Rifapentin.

untuk info lengkap tuberkulosis dan penyobatannya silahkan klik : Tuberkulosis dan terapinya
untuk info klasifikasi tuberkulosis silahkan klik : Klasifikasi tuberkulosis (TB)
  • Mekanisme isoniazid adalah menghambat sintesis asam mikolat, komponen terpenting pada dinding sel bakteri
  • Mekanisme rifampisin adalah menghambat aktivitas polimerase RNA yang tergantung DNA pada sel-sel yang rentan
  • Pirazinamid merupakan analog pirazin dari nikotinamid yang memiliki efek bakteriostatik dan bakterisid, mekanisme belum diketahui pasti

Tuberkulosis dan Terapinya

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang mampu menginfeksi secara laten maupun progresif. Secara umum 2 miliar orang terkena TB, dan sekitar 2-3 juta orang mininggal tiap tahunnya dan indonesia merupakan negara ke-3 dengan jumlah TB terbanyak didunia, setelah india dan cina.
Umumnya M.tuberculosis menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin, semakin dekat kontak fisik dengan orang yang terkena TB maka semakin tinggi resiko untuk tertular. HIV Aids merupakan faktor resiko yang memperparah TB.

Klasifikasi Obat

Klasifikasi atau penggolongan obat berdasarkan jenis seperti obat OTC (over the counter), obat generik, obat generik berlogo, obat nama dagang, obat paten, obat mitu (obat me-too), obat tradisional, obat jadi, obat baru, obat esensial, dan obat wajib apotek.
Obat OTC atau over the counter adalah sebutan umum untuk obat yang termasuk golongan obat bebas dan obat bebas terbatas, yang digunakan untuk swamedikasi (pengobatan sendiri) atau self medication. untuk lebih jelas tentang penggolongan obat bebas, bebas terbatas, keras, psikotropika dan narkotika silahkan kunjungi : PENGGOLONGAN OBAT berdasarkan jenis.
well, Check it out :

1. Obat Generik (unbranded drugs)
Obat generik adalah obat dengan nama generik sesuai dengan penamaan zat aktif sediaan yang ditetapkan  oleh farmakope indonesia dan INN (International non-propietary Names) dari WHO, tidak memakai nama dagang maupun logo produsen. Contoh  amoksisilin, metformin dll

2. Obat Generik berlogo

Daftar Singkatan Istilah bahasa Latin Resep Obat

Ilmu Farmasi : Istilah resep, bahasa latin resep obat, daftar Istilah singkatan Latin Resep obat, beserta artinya, bahasa resep merupakan bahasa penulisan resep, menggunakan singkatan bahasa latin. Bahasa latin digunakan sebagai bahasa resep karna bahasa latin merupakan bahasa yang tidak berkembang, alias statis, sehingga makna bahasanya tidak berubah oleh waktu, baku dan kaku, sehingga bisa digunakan menjadi bahasa standar dalam resep secara global.
Daftar singkatan latin bahasa resep obat yang umumnya ada dalam resep beserta artinya :
A
a, aa = tiap-tiap

Macam Macam Dosis

Ilmu Farmasi : Dosis adalah takaran obat yang menimbulkan efek farmakologi (khasiat) yang tepat dan aman bila dikonsumsi oleh pasien. adapun jenis jenis DOSIS, antara lain dosis lazim, dosis terapi, dosis minimum, dosis maksimum, dosis toksik, dan dosis letal (dosis letal50 dan dosis letal100) :

Perbedaan Jamu OHT dan Fitofarmaka

Perbedaan jamu OHT dan fitofarmaka secara singkat antara lain :
  • Jamu --> Obat tradisional terbukti berkhasiat dan aman berdasarkan bukti empiris turun temurun.
  • OHT --> Obat Tradisional terbukti berkhasiat melalui uji pra-klinis dan teruji aman melalui uji toksisitas, bahan terstandar dan diproduksi secara higienis.
  • Fitofarmaka --> Obat tradisional terbuksi berkhasiat melalui uji pra-klinis dan uji klinis, teruji

Selayang Pandang Tentang Farmakologi Obat

Pengertian sederhana tentang obat ialah zat yang memiliki efek farmakologi yang memberikan pengaruh terhadap fisiologis dan patologis kehidupan, dan pada prosesnya obat mengalami berbagai proses reaksi  didalam tubuh, adapun rangkaian reaksi tersebut antara lain :
  • Fase farmaseutika
  • Fase farmakokinetika
  • Fase farmakodinamika
1. Fase farmaseutika

Penggolongan Obat Tradisional

Artikel ini tentang Penggolongan Obat Tradisional dan Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka.
Obat tradisional dibagi 3: Jamu, Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka. Dulu pada awalnya Penggolongan hanya berdasarkan klasifikasi obat kimia, namun setelah berkembangnya obat bahan alam, muncul istilah obat tradisional, awal mulanya dibagi menjadi 2, yaitu obat tradisional (jamu) dan fitofarmaka, seiring perkembangan teknologi pembuatan obat bisa dalam berbagai bentuk, berasal dari ekstrak dengan pengujian dan standar tertentu, maka dibagilah obat tradisional menjadi 3, yaitu :

1. Jamu
Jamu adalah obat tradisional yang berdasarkan dari pengalaman empiris secara turun temurun, yang telah

Pengenceran Obat (Pemicikan obat)

Ilmu Farmasi : Pengenceran obat atau pemicikan obat merupakan tahapan yang harus dilakukan untuk meningkat keakuratan takaran obat dalam resep disebabkan takaran obat <50 mg, sehingga dikhawatirkan alat tidak akurat dalam menimbangnya, sehingga diperlukan pengenceran obat.
Pengenceran obat harus dilakukan dengan menambahkan bahan yang tidak inert (tidak bereaksi) dan tidak memiliki efek farmakologi) . pengenceran obat bisa dilakukan untuk membuat sediaan padat (solid) maupun sediaan cair (liquid), untuk bahan padat misalnya sacharum lactis dan untuk bahan cair aquadest.

A. Metode pemicikan sediaan padat

Senin, 18 Februari 2013

AWAS Jamu Berbahaya Yang Mengandung BKO

Berikut ini Nama Jamu Berbahaya Yang mengandung BKO :
Pay Na Ran (2001),
Thui Fong Tou Ku Wan,
Snake Itch Removing,
Antanan,
Jaya Asli Anrat,
Chikung Makassar,
Obat Pegal Linu,
Pegal Linu Guna Sehat,
Obat Mujarab,
Fong Se Wan,

Kebiasaan Buruk Wanita Yang Merusak Kesehatan

  • Memakai Sepatu Hak Tinggi.
Semakin banyak dari wanita memakai sepatu hak tinggi dalam kehidupan sehari-hari, dan hal ini bisa menjadi berita buruk untuk kesehatan wanita. Sepatu hak tinggi mempengaruhi postur tubuh, memberi tekanan pada persendian, dan dapat menimbulkan berbagai gangguan tubuh seperti artritis (penyakit yang menyerang persendian), bengkak di jari kaki, nyeri punggung, dan cedera otot dan itu belum termasuk mengalami kecelakaan yang berhubungan dengan penggunaan heels. Untuk meminimalisir resiko kesehatan, batasi heels cukup hanya sampai 1,5 inci (3,8 cm) untuk pemakaian setiap hari dan memakai sol dalam untuk mengurangi tekanan pada persendian.
  • Membawa Tas Tangan yang Berat.

Tips Menghilangkan Jerawat Batu


Masalah Jerawat batu (cystic acne) adalah masalah yang sangat mengganggu penampilan dan memang susah disembuhkan. Selain karena bentuknya yang berukuran besar, warna jerawat batu juga begitu mencolok karena umumnya terlihat lebih menghitam dengan tekstur yang kasar. Jerawat batu juga biasanya disertai dengan peradangan (inflamasi) sehingga terasa lebih nyeri, menyebar di wajah dan merusak kulit.

Daftar Kosmetik Berbahaya 2012


WASPADA dengan kosmetik yang beredar di pasaran! Maraknya penggunaan merkuri,hidroquinon, dan zat pewarna rhodamin Bpada produk kosmetik kini semakin marak.Padahal, sebagaimana diketahui, pemakaian bahan kimia itu dilarang keras untuk kosmetik karena terbukti dapat membahayakan kesehatan.Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Departemen Kesehatan RI telah beberapa kali merilis daftar kosmetik berbahaya yang tengah beredar di pasaran, terutama yang beredar tidak legal.Tercatat lebih dari 1.000 item kosmetik yang telah dilarang peredarannya oleh BPOM karena terbukti mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan.Pada pertengahan tahun 2009, terdapat sedikitnya 70 produk kosmetik yang telah dinyatakan sebagai produk berbahaya dan mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi ksehatan, antara lain:

Bahaya Hidroquinon Dan Merkuri Pada Kosmetik


Siapakah gerangan wanita yang tidak bangga memiliki kulit putih berseri tanpa noda spot coklat atau kehitaman di wajah? Tidak ada. Bahkan yang berkulit gelap dari ‘sononya’ ingin tampak lebih putih. How come?

Bahkan iklan produk pemutih wara-wiri di televisi, belum lagi di media cetak. Anda tahu, dari dua produk pelembab yang terjual, salah satunya adalah produk pemutih kulit.
Apapun rela dilakukan perempuan untuk tampil lebih cantik dengan kulit putih cling. Bahkan harga bukan masalah, sekalipun harus mengeringkan tabungan bertahun-tahun! Putih sudah menjadi obsesi, yang tak jarang membuat kita lupa diri, tak waspada terhadap produk krim pemutih yang beredar di pasaran.
Mendapatkan kulit putih, atau tepatnya lebih cerah, tidak bisa dengan cara instan. Jika Anda menemukan putih dengan cara instan, katakan dalam hitungan minggu, patut dicurigai ada sesuatu di balik itu.

Awas Kosmetika Berbahaya ini !!!


 Lihat Daftar pada link dibawah ini :


Untuk melindungi masyarakat dari penggunaan kosmetika yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat dan mutu, Badan POM secara rutin dan berkesinambungan melakukan pengawasan peredaran kosmetika, termasuk kemungkinan penggunaan bahan berbahaya/dilarang dalam sediaan kosmetika.
Berdasarkan hasil pengawasan Badan POM di seluruh Indonesia pada tahun 2012 sampai dengan bulan Oktober ditemukan 48 kosmetika yang mengandung bahan berbahaya/dilarang.Untuk itu Badan POM mengeluarkan

Awas Permen Karet Perangsang Ilegal Temuan BPOM


Lihat daftar webnya :

Pemantauan iklan yang dilakukan Badan POM RI menunjukkan bahwa banyak iklan di media internet menawarkan produk Obat dan Makanan yang tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk iklan yang menawarkan produk permen perangsang atau peningkat gairah (libido).
Dari hasil pemantauan tersebut, telah berhasil diidentifikasi 36 (tiga puluh enam) situs yang menawarkan produk permen perangsang atau peningkat gairah (libido). Produk permen yang diiklankan di situs-situs tersebut bermerek Sexy Gum, Sex Love dan US Passion Cachou. Badan POM RI tidak pernah mengeluarkan persetujuan izin edar

TEMUAN BPOM TERKAIT OBAT TRADISIONAL ILEGAL DI DAERAH PONOROGO


Menindaklanjuti public warning tanggal 19 September 2012 tentang Hasil Pengawasan Obat Tradisional Mengandung Bahan Kimia Obat dan public warning tahun-tahun sebelumnya, Badan POM dan Balai/Balai Besar POM di seluruh Indonesia melakukan monitoring dan penelusuran ke sentra-sentra peredaran obat tradisional ilegal.

Cara Mencegah Keracunan Makanan


Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok dan sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas hidup manusia. Pangan yang baik adalah yang memiliki kandungan gizi, bersih, dan bebas dari bahan-bahan yang berbahaya. Namun demikian pada pangan bisa terdapat bahan yang tidak diinginkan, yang sifatnya membahayakan kesehatan. Bahan yang berbahaya tersebut dapat masuk dalam pangan secara tidak sengaja, misalnya logam yang terakumulasi pada pangan yang diolah dengan menggunakan alat masak logam. Pangan yang mengandung bahan-bahan yang tidak dikehendaki dapat dikatakan pangan tersebut telah tercemar atau terkontaminasi.
Untuk menghindari keracunan yang umumnya tidak disengaja karena konsumsi pangan, maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Cara Mencegah Keracunan Obat Tradisional


Obat tradisional di Indonesia yang lebih dikenal dengan istialah jamu telah menjelma menjadi komoditi industri, dengan tampilan kemasan yang menarik dan ditunjang dengan iklan di media cetak dan lektrolit semakin meningkatkan pengguna jamu/obat tradisional. Obat tradisional masih berupa bahan kasar (raw material) yang berasal dari bahan simplisai atau sediaan galenik, sehingga terdapat beberapa macam bahan berkhasiat yang dapat berpengaruh terhadap tubuh, oleh karena itu selain mempunyai efek yang diharapkan juga dapat menimbulkan efek yang mungkin dapat merugikan kesehatan dan efek –efek tersebut tidak dapat terlihat dalam waktu yang singkat.

Cara Mencegah Keracunan Kosmetik


Kosmetika sudah merupakan komoditi yang mendunia, meskipun bukan termasuk obat banyak dijumpai produk kosmetika mengandung atau dicampur dengan bahan obat misalnya antibiotika, anti jerawat, plasenta atau hormon, serum dan bahkan ditemukan juga bahan yang dilarang penggunaanya misalnya merkuri, rodamin, metanyl yellow dll.
Karena kontak dengan kulit , bahan yang terkandung dalam kosmetik dapat meresap kedalam kulit dan dapat masuk kedalam bagian yang lebih dalam, sehingga sering ditemukan efek yang merugikan dari ringan (alergi kulit, kemerahan pada kulit, iritasi dll) sampai berat (luka lecet pada kulit, kanker kulit dll) .

Tips Aman Menggunakan Kosmetik

Cara Mencegah Keracunan Akibat Produk Kimia Dan Pestisida Rumah Tangga


Berbagai produk/ bahan kimia dan pestisida yang sering dijumpai dalam rumah tangga antara lain : baterai, racun serangga, kapur barus, pembersih/pewangi lantai, bahan pemutih, pewarna rambut, deterjen, pembasmi kuman, pewangi ruangan, racun serangga/tikus, cuka, sabun cuci, minyak tanah, cat, pencair cat, air aki, minyak pemulas, oil mobil/motor.
Produk bahan kimia dan pestisida di rumah tangga tersebut diatas bermanfaat untuk keamanan dan kenyamanan rumah, tetapi jika penggunanya tidak tepat dan benar dapat beresiko tinggi menyebabkan bahaya dan keracunan.

Cara Mencegah Keracunan Narkoba (NAPZA)


Napza adalah kelompok obat yang terdiri dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya yang sering disalah gunakan pemakaiaannya.
Penyalagunaan Napza dapat menimbulkan ketergantungan yang berakibat gangguan fisik, mental,sosial, keamanan dan ketertiban masyarakat dan masalah ini sudah menjadi masalah nasional dan internasional, sehingga peredaran dan penggunaannya diawasi baik secara nasional maupun internasional dalam rangka pencegahan penyalah gunaan. Peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam upaya pencegahan penyalah gunaan Napza agar dapat diperoleh hasil yang optimal.
Secara garis besar upaya pencegahan meliputi upaya pencegahan primer, sekunder dan tersier.
A. Pencegahan Primer (pencegahan dini)

Cara mencegah keracunan obat


Obat digunakan untuk pencegahan, penyembuhkan, pemulihan, peningkatan kesehatan, kontrasepsi dan untuk menetapkan diagnosa.Bila digunakan secara tepat dan benar yang lebih dikenal dengan istilah pemakaian secara rasional. Karena pada hakekatnya obat adalah racun, jadi bila digunakan secara tidak rasional dapat memperparah penyakit, meracuni tubuh dan kematian.

Cara Pencegahan Keracunan

Kasus keracunan sering terjadi akibat penggunaan yang salah dan penyalahgunaan produk Obat dan Makanan atau bahan berisiko keracunan lainnya seperti Obat, Napza, Produk Kimia dan Pestisida Rumah Tangga, Kosmetik, Obat Tradisional, dan Pangan.
  1. OBAT
    Obat digunakan untuk pencegahan, penyembuhkan, pemulihan, peningkatan kesehatan, kontrasepsi dan untuk menetapkan diagnosa. baca selengkapnya

  2. NAPZA
    Napza adalah kelompok obat yang terdiri dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya yang sering disalah gunakan pemakaiaannya. baca selengkapnya

  3. PRODUK KIMIA DAN PESTISIDA DI RUMAH TANGGA

Tahapan kondisi yang dialami saat berhenti merokok


Sejak puluhan tahun lalu kampanye anti merokok telah dikumandangkan di seluruh penjuru dunia. Ada yang berhasil berhenti merokok, namun banyak pula muncul perokok-perokok baru yang menambah deretan orang yang gemar merokok, terutama di kalangan remaja.

9 Cara menghindari keguguran saat hamil muda

Tiga bulan pertama masa kehamilan adalah masa yang kritis. Perlu perawatan ekstra untuk menjaga janin sehat dan tidak terjadi keguguran.

Ahli kesehatan dr. Rifsia Ajani mengingatkan, pada periode tiga bulan awal (trimester pertama), ibu hamil harus menjaga asupan makanan guna menjaga janin dari cacat lahir. Untuk itu, sebaiknya mengonsumsi asam folat 400 mg setiap hari selama 12 minggu untuk menjaga kesehatan bayi. 

Amankah berhubungan seks saat hamil?


Berhubungan seks merupakan kebutuhan dasar pasangan suami istri. Namun bagaimana jika sang istri dalam kondisi hamil? Adakah rambu-rambu yang harus diwaspadai?


Sekretaris Jenderal Pengurus Nasional Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), dr Bona Simanungkalit, DHSM, M.Kes mengungkapkan ada dua pendapat dalam masalah ini. Pertama, beberapa pakar berpendapat di tiga bulan pertama (trimester pertama) dan tiga bulan terakhir kehamilan (trimester

Minggu, 17 Februari 2013

Mana yang Lebih Baik untuk Diet, Protein atau Karbohidrat?

Selama ini karbohidrat sering menjadi ‘kambing hitam’ atas melonjaknya berat badan seseorang. Tak heran, banyak program diet yang memangkas asupan karbohidrat sebanyak-banyaknya demi mencapai berat badan yang prima. Ini cara yang benar?
Sebelum memutuskan untuk memangkas asupan karbohidrat harian Anda, ada baiknya simak kelebihan dan kekurangan dari zat ini dengan membandingkannya bersama pengaruh protein terhadap tubuh. Berikut adalah fakta di antara keduanya:

Karbohidrat
Kelebihan

Menjadi Seorang Vegetarian Mempunyai 5 Manfaat


Bila Anda berpikir bahwa menjadi vegetarian hanya untuk memenuhi tren gaya hidup, coba pikir ulang, banyak manfaat yang bisa Anda di balik itu semua. Apa saja?


1. Kesehatan Lambung
Sayuran kaya akan serat yang menjaga pergerakan usus tetap sehat. Dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar, tubuh juga ternutrisi dengan baik. Pasalnya, sayuran juga merupakan sumber dari asam amino yang penting bagi metabolism tubuh.
2. Kesehatan Jantung

Fraksinasi


Di alam senyawa kimia umumnya terdapat dalam bentuk campuran, oleh sebab itu diperlukan pemisahan, fraksinasi adalah proses pemisahan suatu zat dari campuran zat tersebut, pemisahan dilakukan tehnik yang bermacam macam seperti kromatografi (KKt, KLT, KCKT, KCV, KK, KGC) dan ekstraksi cair-cair. terkadang digunakan kombinasi keduanya, seringkali dilakukan secara berulang-ulang agar didapat fraksi zat yang lebih banyak.
Metode fraksinasi/pemisahan umumnya:
1. Ekstraksi Cair-cair
Ekstraksi cair-cair adalah metode pemisahan dengan menggunakan dua cairan pelarut yang tidak saling bercampur, sehingga senyawa tertentu terpisahkan menurut kesesuaian sifat dengan cairan pelarut (prinsip solve dissolve like).

2. Kromatografi

Ekstraksi

Ekstraksi adalah proses pemisahan secara kimia dan fisika kandungan zat simplisia menggunakan pelarut yang sesuai. Hal-hal yang penting diperhatikan dalam melakukan ekstrasi yaitu pemilihan pelarut yang sesuai dengan sifat-sifat polaritas senyawa yang ingin  diekstraksi ataupun sesuai dengan sifat kepolaran kandungan kimia yang diduga dimiliki simplisia tersebut, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran simplisia harus diperkecil dengan cara perajangan untuk memperluas sudut kontak pelarut dan simplisia, tapi jangan terlalu halus karna dikhawatirkan menyumbat pori-pori saringan menyebabkan sulit dan lamanya poses ekstraksi.
A. Proses yang terjadi selama proses ekstraksi :
  • pembilasan senyawa-senyawa dalam simplisia keluar dari simplisia
  • melarutnya kandungan senyawa kimia oleh pelarut keluar dari sel tanaman melalui proses difusi dengan 3 tahapan : 1. penentrasi pelarut kedalam sel tanaman sehingga terjadi pengembangan (swelling) sel tanaman. 2. proses disolusi yaitu melarutnya kandungan senyawa didalam pelarut. 3. difusi dari senyawa tanaman, keluar dari sel tanaman (simplisia).
B. Pertimbangan pemilihan metode ekstraksi didasarkan pada :

Sabtu, 16 Februari 2013

Pembuatan Pereaksi Kimia (Analisis/Identifikasi)

Cara-cara pembuatan pereaksi seperti dibawah ini :

1. Pereaksi Mayer
1,36 gram HgCl2 dilarutkan dalam 60 ml air dan 5 gram KI dilarutkan dalam 10 ml air, lalu kedua larutan tersebut dicampurkan dan di ad air sampai volume campuran seluruhnya menjadi 100 ml

2. Pereaksi Dragendorff
8 gram Bi(NO3)3.H2O dilarutkan dalam 30% b/v HNO3 dan 27,2  gram KI dilarutkan dalam 50 ml air, lalu

Jumat, 15 Februari 2013

Skrining Fitokimia

Ilmu Farmasi : Artikel ini terkait skrining fitokimia adalah, 
Senyawa fenol, senyawa terpenoid, senyawa nitrogen, Reaksi positif palsu, reaksi negatif palsu

Skrining fitokimia atau penapisan kimia adalah tahapan awal untuk mengidentifikasi kandungan kimia yang terkandung dalam tumbuhan, krna pada tahap ini kita bisa mengetahui golongan senyawa kimia yang dikandung tumbuhan yang sedang kita uji/teliti.
Metode yang digunakan dalam skrining fitokimia harus memiliki persyaratan :
  • metodenya sederhana dan cepat
  • peralatan yang digunakan sesedikit mungkin

Kamis, 14 Februari 2013

Perhitungan HLB

HLB adalah singkatan dari Hydrophylic-Lipophylic Balance) adalah nilai untuk mengukur efisiensi surfaktan. semakin tinggi nilai HLB surfaktannya maka semakin tinggi nilai kepolarannya, untuk emulsi yang akan diemulsikan surfaktan terdapat nilai HLB yang disebut HLB butuh minyak, diperlukan nilai HLB yang cocok agar emulsi menjadi stabil, oleh sebab itu diperlukan perhitungan HLB. cara perhitungan HBL :

1. Metode perhitungan HLB Melalui Persamaan
Contoh Soal :
R/  Parafin cair  30%   (HLB : 12)
      Emulgator    5%
     Air ad          100 gram
Jawab :
cara pertama pilih nilai HLB surfaktan yang diantara HLB parafin cair (HLB 12), dipilih melalui data yaitu

Perhitungan Tonisitas - Isotonis

Ilmu Farmasi : Untuk memahami Konsep Tonisitas Klik ---> Konsep Tonisitas

Metode perhitungan tonisitas :
1. Metode ekuivalensi NaCl
Cara ini dengan mengkonversi nilai zat ke NaCl, harga ekuivalennya ditunjukkan nilai E (Nilai E bisa dilihat di farmakope : Daftar Tonisitas NaCl)
Misalkan penisilin E = 0,18 artinya 1 gram Penisilin setara/senilai 0,18 gram NaCl. Agar isotonis, tonisitas sediaan harus = tonisitas tubuh yaitu  0,9% (b/v)
NaCl 0,9% artinya 0,9 gram NaCl yang terlarut dalam volume total 100 mL.

jadi RUMUS nilai ekuivalensi terhadap NaCl = W x E, dimana W dalam satuan gram

Contoh perhitungan Tonisitas :
R/ Ampisilin Na  0,1      (E=0,16)
    Isoniazid        0,05     (E=0,25)
    m.f.Inject. Isot. 5 mL
jawab :

Jenis Koloid








Elektrolit, Non Elektrolit dan Air di dalam Tubuh

A. Elektrolit tubuh (Ion-ion)
bila suatu zat larut terdisosiasi dalam air maka campuran tersebut dinamakan larutan elektrolit, yang berbentuk larutan yang berisikan pelarut yang didalamnya terdapat ion-ion. sifat elektrolit bisa menghantarkan/dialiri listrik, Ion elektrolit yang terpenting didalam tubuh terdapat 2 macam kation (ion +) dan anion (ion-)

  • Kation seperti natrium (Na+), magnesium (Mg2+), hidrogen (H+), kalium (K+), kalsium (Ca2+)

Tonisitas


Untuk lebih memahami cara perhitungan tonisitas, klik link artikel dibawah ini :

Tonisitas adalah kemampuan suatu larutan dalam memvariasikan ukuran dan bentuk sel dengan mengubah