Welcome

Assalamu'alaikum, Selamat Datang Di Blog Ilmu Farmasi, Semoga Artikelnya Bermanfaat, Terimakasih Atas Kunjungannya

Terapi Farmakologi Hiperlipidemia dan Mekanisme Kerjanya

Obat hiperlipidemia, mekanisme Sequestran asam empedu, HMG-CoA reduktase inhibitor,  Niasin (Asam nikotinat), Derivat Fibrat
1)      Sequestran asam empedu
Mekanisme kerjanya mengikat asam empedu dan kolesterol intestinal dan diekskresi melalui feses, memacu sintesis asam empedu dari kolesterol hepar. Obat ini tidak di absorbsi, maka menimbulkan Efek Samping Obat ESO yang berkaitan dengan gastro intestinal (nausea, vomiting, konstipasi), flatulen yang akan hilang setelah obat diberikan kontinyu. Contoh obat : kolesteramin dan kolestipol.

Drug Related Problem (DRP)

Drug Related Problem (DRP) atau masalah terkait obat adalah bagian dari asuhan kefarmasian (pharmaceutical care) yang menggambarkan suatu keadaan, dimana profesional kesehatan (apoteker) menilai adanya ketidaksesuaian pengobatan dalam mencapai terapi yang sesungguhnya (Hepler, 2003)

Efek Samping Obat

Efek samping obat (ESO) adalah efek merugikan yang timbul dari pemakaian obat pada dosis yang diperbolehkan atau lazim dipergunakan (dosis diantara dosis minimum efektif dan dosis maksimum efektif), efek samping obat ini juga sering disebut dengan istilah Adverse Drug Reactions (ADRs) atau side effects.

Diuretik Untuk Pengobatan Hipertensi

Hipertensi, Mekanisme obat diuretik, Efek samping obat diuretik, dan nama sediaan obat diuretik

Penggunaan obat diuretik untuk pengobatan hipertensi

Apa itu hipertensi?

Hipertensi adalah suatu kondisi yang ditandai peningkatan tekanan darah pada suatu level tertentu (sama dengan atau lebih dari 140/90 mmHg) dalam 3 kali pengukuran selang 3 minggu, jadi kalau 1x pengukuran belum bisa dikatakan hipertensi.

Perhitungan Dosis Berdasarkan Luas Permukaan Tubuh (LPT)

Ilmu Farmasi : Perhitungan Dosis Berdasarkan Luas Permukaan Tubuh serta Contoh Soal Perhitungan Dosis Berdasarkan Luas Permukaan Tubuh (Body Surface Area : BSA) atau Dosage Calculations Based on Body Surface Area. 

Perhitungan Dosis Berdasarkan Luas Permukaan Tubuh merupakan perhitungan dosis yang lebih akurat ketimbang menggunakan rumus perhitungan dengan umur saja, atau dengan berat badan saja, perhitungan dosis BSA ini yang sebaiknya dilakukan terutama untuk pasien pediatrik/anak-anak. rumus perhitungan dosis

9 Stars Of Pharmacist

Ilmu Farmasi : 7 Stars Farmasi + 2 poin,  9 Stars Farmasi, Seven Stars Farmasi.
7 Stars Of Pharmacist adalah istilah yang diungkapkan World Health Organization (WHO), untuk menggambarkan peran seorang farmasis dalam pelayanan kesehatan yang seiring waktu bertambah menjadi 9 stars farmasi. oke baiklah sobat IF, langsung saja, 9 stars farmasi antara lain
1. Care-Giver
Seorang Farmasi/apoteker merupakan profesional kesehatan yg peduli, dalam wujud nyata memberi pelayanan kefarmasian kepada pasien dan masyarakat luas, berinteraksi secara langsung, meliputi pelayanan klinik, analitik, tehnik, sesuai dengan peraturan yang berlaku (PP No 51 tahun 2009), misalnya peracikan obat, memberi PIO (Pelayanan Informasi Obat), konseling, konsultasi, screening resep, monitoring, visite, dan banyak tugas kefarmasian lainnya.

Blog Ilmu Farmasi

Blog Ilmu farmasi (IF) merupakan suatu blog yang membahas seputar dunia kefarmasian, meliputi obat, penyakit, terapi pengobatan, dan mengupas berbagai cabang ilmu farmasi, apoteker, hukum, komunikasi, informasi kesehatan dan aspek lain yang berkaitan dengan dunia kefarmasian. Blog Ilmu Farmasi (IF) ini bersifat Blog Non Profit/Nirlaba dan Non Komersial, hanya ditujukan untuk share ilmu pengetahuan.

Sejarah Ilmu Farmasi (Lengkap)

Arikel ini Membahas tentang Sejarah Farmasi, The History Of Pharmacy, Sejarah Ilmu Farmasi, sejarah dan perkembangan ilmu farmasi. oke sobat IF, ini merupakan penggalan dari artikel ilmu farmasi, biar lebih khusus jadi saya buat entry khusus sejarah farmasi, sebelumnya saya juga pernah mempost artikel tentang :
1. Ilmu Farmasi
2. Cabang Ilmu Farmasi
3. Sejarah Ilmu Farmasi I
4. Sejarah Ilmu Farmasi II
5. Blog Ilmu Farmasi.
Untuk kali ini artikel sejarah farmasinya lebih lengkap dari yang sebelumnya, oke, langsung saja.

1. Zaman Permulaan
Suatu zaman yang sangat awal, belasan maupun puluhan abad sebelum masehi. Alam lebih dahulu tercipta dari manusia, alam menyediakan berbagai sumber hayati, hewani serta mineral mineral serta zat kimiawi lainnya yang pada akhirnya akan dimanfaatkan oleh manusia. pada masa

Ilmu Farmasi

Ilmu farmasi berasal dari ilmu dan farmasi, ilmu adalah serangkaian pengetahuan berdasarkan teori yang diakui dalam kelompok ilmu tersebut dan memenuhi persyaratan objektif, methodis, sistematis dan universal, sedangkan farmasi berasal dari bahasa yunani 'pharmacon' yang arti katanya obat/guna-guna yang ditujukan untuk hal yang baik atau buruk. secara defenisi ilmu farmasi adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk obat dari berbagai aspek.
Ilmu farmasi memiliki banyak cabang ilmu antara lain farmasetika, teknologi farmasi, farmakologi, farmakologi klinik, farmakognosi, biofarmasi, farmakinetika, farmakodinamika, farmakoterapi, toksikologi, farmakoekonomi, farmasi fisika, kimia farmasi, biologi farmasi. dan ditunjang ilmu-ilmu lainnya.
Baca Juga Artikel :
1. Ilmu Farmasi (Halaman yang saat ini dibuka)
2. Cabang Ilmu Farmasi

3. Sejarah Ilmu Farmasi I (Halaman yang saat ini dibuka)
4. Sejarah Ilmu Farmasi II
5. Blog Ilmu Farmasi

Cabang Ilmu Farmasi

Cabang Ilmu Farmasi, antara lain farmasetika, teknologi farmasi, farmakologi, farmakologi klinik, farmakognosi, biofarmasi, farmakinetika, farmakodinamika, farmakoterapi, toksikologi, farmakoekonomi, farmasi fisika, kimia farmasi, biologi farmasi. dan ditunjang ilmu-ilmu lainnya.
Baca Juga Artikel :
1. Ilmu Farmasi
2. Cabang Ilmu Farmasi (Halaman yang saat ini dibuka)
3. Sejarah Ilmu Farmasi I
4. Sejarah Ilmu Farmasi II
5. Blog Ilmu Farmasi 
Baiklah sobat, tanpa basa basi, check it out :
1. Farmasetika
Farmasetika adalah ilmu yang mempelajari seni dalam membuat/meracik obat