Welcome

Assalamu'alaikum, selamat datang di Blog saya, semoga artikelnya jadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariyah untuk penulis, aamiin. Terimakasih atas kunjungannya

Cara Mencegah Keracunan Obat Tradisional


Obat tradisional di Indonesia yang lebih dikenal dengan istialah jamu telah menjelma menjadi komoditi industri, dengan tampilan kemasan yang menarik dan ditunjang dengan iklan di media cetak dan lektrolit semakin meningkatkan pengguna jamu/obat tradisional. Obat tradisional masih berupa bahan kasar (raw material) yang berasal dari bahan simplisai atau sediaan galenik, sehingga terdapat beberapa macam bahan berkhasiat yang dapat berpengaruh terhadap tubuh, oleh karena itu selain mempunyai efek yang diharapkan juga dapat menimbulkan efek yang mungkin dapat merugikan kesehatan dan efek –efek tersebut tidak dapat terlihat dalam waktu yang singkat.

Obat Tradisional
Seiring dengan makin meningkatnya pengguna obat tradisional, menimbulkan persaingan dikalangan produsen obat tradisional, sehingga banyak ditemukan produsen nakal menambahkan bahan kimia obat ke dalam obat tradisional seperti jenis fenil butason, metampiron, deksametason, parasetamol dll untuk menimbulkan kesan efek yang manjur. Dengan adanya berbagai macam bahan dalan sedian obat tradisional dan ditambah denga banyak ditemukan bahan kimia obat dapat menimbulkan bahaya bahkan dapat berakibat kematian.
Untuk menghindari dari bahaya penggunaan obat tradisional, perlu dilakukan tindakan pencegahan sebagai berikut :
  • Gunakan obat tradisional yang sudah memiliki nomer pendaftaran BPOM
  • Jangan gunakan obat tradisional bersama dengan obat kimia (resep dokter)
  • Jika meminum obat tradisional menimbulkan efek yang cepat, patut dicurigai ada penambahan bahan kimia obat yang memang dilarang penggunaanya dalam obat tradisional.
  • Selalu periksa tanggal kadaluarsa
  • Kunjungi website Badan POM untuk mengetahui obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat pada bagian “Public warning”.

Sumber: Badan POM