Welcome

Assalamu'alaikum, selamat datang di Blog saya, semoga artikelnya jadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariyah untuk penulis, aamiin. Terimakasih atas kunjungannya

Rumus Perhitungan Dosis Obat Untuk Bayi dan Anak Anak

Ilmu Farmasi : Dosis adalah takaran obat yang diberikan kepada pasien yang dapat memberikan efek farmakologis (khasiat) yang diinginkan. Secara umum penggunaan dosis dalam terapi dibagi menjadi : dosis lazim dan dosis maksimum/maksimal (DM). Dosis lazim adalah dosis yang digunakan sebagai pedoman umum pengobatan (yang direkomendasikan dan sering digunakan) sifatnya tidak mengikat (biasanya diantara dosis mimimum efek dan dosis maksimum), sedangkan dosis maksimum adalah dosis yang terbesar yang masih boleh diberikan kepada pasien baik untuk pemakaian sekali maupun sehari tanpa membahayakan (berefek toksik ataupun over dosis). Untuk terapi sebaiknya menggunakan pedoman dosis lazim. :)
Takaran dosis yang ada dalam farmakope umumnya untuk dosis orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak memerlukan rumus perhitungan khusus, sperti dibawah ini:

Cara menghitung dosis untuk anak-anak :
1. Berdasarkan umur
a. Rumus young (untuk anak < 8 tahun)

                        n : umur dalam tahun

b. Rumus dilling (untuk anak Besar-sama dengan 8 tahun)

                        n : umur dalam tahun

c. Rumus Fried  (untuk bayi)

                        n : umur dalam bulan
   
2. Berdasarkan berat badan
Perhitungan dosis berdasarkan berat badan sebenarnya lebih tepat karna sesuai dengan kondisi pasien
ketimbang umur yang terkadang tidak sesuai dengan berat badan, bila memungkinkan hitung dosis melalui berat badan dan lebih akurat lagi penghitungan dosis berdasarkan luas permukaan tubuh (LPT). kembali ke topik, perhitungan dosis bedasarkan berat badan, sebagai berikut :
d. Rumus Thermich
           
                 n : berat badan dalam kilogram


3. Rumus untuk menentukan persentase DM obat

Persentase DM sekali :
Persentase DM sehari :



PERHATIAN !!!
Untuk lebih memahami silahkan kunjungi
CONTOH SOAL dengan mengklik link artikel dibawah ini :


Disadur dari : farmasi UNISBA

25 comments:

fsjsff said...

info yang sangat bermanfaat
jangan lupa visite back ya
teori dan ilmu pengetahuan farmasi

Unknown said...

Terimakasih ^ ^

Unknown said...

Terbaik lah..

From lathif Smk Farmasi 3 purbalingga

obat perangsang wanita said...

terimakasih infonya

Unknown said...

Sy ucapkan terima kasih , membuat sy mrngerti ttg DM.

Unknown said...

Sy ucapkan terima kasih , membuat sy mrngerti ttg DM.

Unknown said...

:-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-)

obat perangsang said...

terimakasih sudah berbagi informasi tentang Rumus Perhitungan Dosis Obat

Unknown said...

Terimakasih banyak, Informasinya sangat membantu.

Unknown said...

thnkx infox

an ordinary girl said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

maksi ya ibu/bapak ini sangat membantu kami dlm proses pembelaharan.....

Unknown said...

maksi ya ibu/bapak ini sangat membantu kami dlm proses pembelaharan.....

Unknown said...

terimakasih infonya...

Obat Pembesar Penis

obat pembesar pemanjang penis said...

your Article is this very helpful thanks for sharing ...!!!
http://obatpembesarpenispria.id/

hectometre said...

Thabks a lotzz

Unknown said...

Thanks infonya

Unknown said...

Terimakasih:)

Unknown said...

Terimakasih:)

Unknown said...

Jual obat pembesar penis KLG PILLS, hammer of thor, titan gel dan juga soloco.

Unknown said...

Terima kasih...

Unknown said...

Makasihh yaa 😗

Essen Ikan Patin Kilo Gebrus said...

terimakasih untuk informasi dan penjelasn nya.

Unknown said...

Aweome Post. Thanks to share the Valuable Information. Now If You want to know about Who is Viewing your Instagram account then visit here to know about Instastalker.

Ranyrxny said...

KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rini anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih